Rabu, 21 September 2016

Konferensi Anak Indonesia 2016

DEADLINE: 8 Oktober 2016
HADIAH:

Diundang mengikuti Konferensi Anak Indonesia 2016 di Jakarta selama 4 hari. Free transportasi dan akomodasi. 

Horeee! Pendaftaran calon delegasi  Konferensi Anak Indonesia 2016 sudah mulai dibuka. Pengumuman dan formulirnya   dimuat di majalah BOBO edisi 21, terbit  1 September 2012. Ayo teman-teman segera mendaftar.  Kalau berhasil lolos, kita akan diundang  ke Jakarta bersama  orangtua/guru.  Gratis! Biaya transportasi  dan akomodasi ditanggung oleh Bobo.

Karya Tulis
Untuk mengikuti seleksi ini, kita harus membuat karya tulis sendiri.  Mm, jangan coba-coba dibuatkan oleh guru atau orangtua, ya… karena kakak-kakak dewan yuri dari Bobo  sudah  sangat berpengalaman membedakan karya tulis asli yang dibuat sendiri dan karya yang dibuatkan oleh orang dewasa.  

Buatlah karya tulis berdasarkan pengalaman.  Tidak perlu mengarang yang enggak-enggak. Tulislah pengalamanmu apa adanya, seperti kamu menceritakan pengalamanmu kepada orang lain.
 Ada tiga topik yang bisa kita pilih salah satu:  
1. Bacaan yang membuatku pintar, 
2. Perpustakaan di sekolahku, 
3. Buku-buku yang kusukai.  

Apa saja yang bisa kita ceritakan dalam karya tulis? Tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantumu.

Topik: Bacaan yang membuatku pintar
Kalau kamu suka membaca, pasti ada satu buku atau bacaan yang paling berkesan karena buku atau bacaan itu bisa membuatmu tergugah untuk mengekplorasi lebih jauh.  Misalnya begini, suatu hari kamu membaca buku berjudul Margasatwa dan menemukan bacaan yang menarik, yaitu tentang kupu-kupu.  Kamu tertarik membaca karena di buku itu ada gambar beraneka macam jenis kupu-kupu dengan sayapnya yang indah.  Karena ingin mengetahui lebih jauh tentang kupu-kupu, kamu mencari bacaan lain tentang kupu-kupu di internet. Melalui  internet, kamu menemukan informasi bahwa di Museum Serangga, Taman Mini, kamu juga bisa menikmati aneka jenis kupu-kupu yang sudah diawetkan. Karena penasaran dengan keindahan kupu-kupu, kamu tertarik untuk belajar cara mengawetkan kupu-kupu di Museum Serangga, Taman Mini.  Di sana, kamu bertemu dengan ahli kupu-kupu, sehingga kamu bisa belajar lebih banyak tentang kupu-kupu dengan beliau.  Nah, dari cerita itu kita bisa melihat hubungan antara bacaan dan semangat belajar yang membuatmu jadi lebih pintar.

Topik: Perpustakaan di sekolahku
Di sekolah pasti ada perpustakaan sekolah.  Bagaimana perpustakaan di sekolahmu? Apakah koleksi bukunya lengkap, atau koleksi bukunya itu-itu saja dan membosankan?  Apakah perpustakaan sekolah sudah dikelola dengan baik, atau buku-buku perpustakaan hanya disimpan di ruang guru?  Cobalah kamu lakukan pengamatan dan ide apa yang bisa kamu lakukan untuk memajukan perpustakaan di sekolahmu.  Bisa juga kamu menceritakan pengalamanmu meminjam buku di perpustakaan sekolah.  Ceritakan buku apa yang kamu pinjam dan kenapa kamu memilih buku itu.

Topik:  Buku-buku yang kusukai.
Saat ke perpustakaan atau ke toko buku, pasti kamu punya tempat favorit untuk memilih buku.  Tempat-tempat favorit itu pastilah tempat-tempat buku yang kamu sukai dipajang.  Sekarang, coba ceritakan jenis-jenis buku apa yang kamu sukai.  Misalnya buku cerita, buku cerita yang bagaimana yang kamu sukai dan kenapa kamu menyukai buku itu. Kalau kamu menyukai komik, cobalah cari tahu alasan kamu menyukai cerita komik seperti itu.  Lalu dengan membaca  buku –buku tersebut, apa efeknya.  Misalnya begini, ada lo yang karena membaca buku cerita, dia lalu tertarik dan mencoba membuat cerita sendiri.  Ada juga yang setelah membaca buku eksperimen, dia  tertarik untuk mempraktekkannya.  Nah, semua itu bisa kamu ceritakan menjadi karya tulis.

Persyaratan
Pesyaratan untuk menjadi delegasi Konferensi Anak Indonesia 2016 dapat dilihat pada pengumuman di majalah BOBO mulai edisi 21, terbit 1 September 2016.  Di majalah tersebut, kita sekaligus bisa mendapatkan formulirnya.  Setelah diisi, formulir tersebut dapat kita lampirkan bersama karya tulis.
Karya tulis dikirim kepada Panitia Konferensi Anak Indonesia 2016, Redaksi majalah Bobo, Gedung Kompas Gramedia Lt 3, Jalan Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530. Telepon 021 – 5330170 pesawat 3321-33205.

sumber:kidnesia.com
loading...

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com